Usaha Untuk Menggapai Mimpi

Usaha Untuk Menggapai Mimpi

Rabu, 30 Maret 2011

LIDAH

LIDAH


Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Letaknya pada dasar mulut oleh frenulum lingua dan tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis. Terdapat dua jenis otot pada lidah yaitu otot ekstrinsik dan intrinsik. Otot-otot ekstrinsik lidah berawal pada tulang dan jaringan di luar lidah sedangkan otot intrinsik lidah memiliki serabut yang menghadap ke berbagai arah untuk membentuk sudut satu sama lain.

Bagian-bagain lidah ;
1) Bagian terbesar lidah adalah anyaman berkas otot rangka terorientasi vertical, horizontal, dan longitudinal dan saling memotong tegak lurus.
2) Bagian posterior lidah kurang bergerak karena menyatuh dengan dasar mulut dan tulang hyoid. Permukaan dorsal lidah ditutupi epitel relatif tebal, melekat erat pada lapisan jaringan ikat di bawahnya. Permukaan atas lidah mengandung banyak tonjolan-tonjolan epitel mulut dan lamina propia (yang disebut papilla). Terdapat empat jenis papilla:
a. Filiformis
Terdapat di bagian posterior berbentuk tonjolan konis, sangat banyak diseluruh dipermukaan lidah dan epitel berambut tidak mengandung putting pengecap.
b. Fungiformis
Bagian epitel berlapis pipih. Bagian anterior dan diantara filiformis menyerupai jamur karena menpunyai tangkai sempit dengan permukaan yang halus, bagian atas melebar mengandung putting kecap, yang tersebar di permukaan atas.
c. Foliatel (vallate)
Pada pangkal lidah bagian lateral, terdapat beberapa tonjolan-tonjolan padat
yang berbentuk: sirkumvalata dan mengandung banyak putting kecap.
d. Circumvalate
Papillae yang sangat besar dengan permukaannya berbentuk pipih meluas di atas papillae lain, susunan seperti parit tersebar di daerah “V” bagian posterior lidah, mengandung kelenjar mukosa dan serosin banyak putting kecap yang terdapat di sepanjang sisi papilla.

Fungsi;
1) Pencernaan; mengaduk makanan yang dikunyah, menelan makanan.
2) Mengontrol suara saat berbicara atau mengeluarkan suara-suara.
3) Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap.

Terdapat empat rasa primer pengecapan yaitu asam, asin, manis dan pahit. sensasi rasa pahit pada belakang lidah ditimbulkan oleh alkaloid contohnya kina, cafein, nikotin, morfin karena zat-zat ini bersifat racun. Rasa asin dan manis diujung lidah asin ditibulkan oleh kation Na+,K+ dan Ca+. Rasa asam dirasakan pada samping lidah ditimbulkan oleh ion H+.

sumber: Lidah http://id.shvoong.com/medicine-and-health/dentistry-oral-medicine/2111514-lidah/#ixzz1I46Vl7Sj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar